Kamis, 09 Februari 2012

Wal 'Asri,,,,

Pernahkah anda berpikir untuk apa saja hidup anda sekrang ini. Pernahkah anda berfikir waktu anda yang selama 24 jam anda habiskan untuk apa saja??? Apakah waktu anda tersebut telah digunkan untuk hal-hal yang lebih berguna untuk masa depan anda ?? apakah waktu anda telah anda gunkan untuk menabung bekal akhirat kelak??? Bukankah hidup didunia ini hanya sementara???. Pertanyaan itulah yang Dosen lontarkan pada saya tadi pagi waktu mengikuti kuliah Fiqih siyasah, dan pada waktu itu pula saya mulai berpikir ternyata banyak dari waktu saya yang hanya saya pergunakan untuk hal-hal yang sia-sia, banyak dari waktu saya yang hanya saya gunakan untuk hal-hal yang sifatnya kesenangan sesaat. Saya tidak banyak berfikir panjang selama ini tentang apa yang saya lakukan. Lebih sering saya hanya menilai sesuatu itu bermanfaat namun secara praktis lebih kerennya mungkin disebut dengan pola pikir  pragmatis.
Nah…. Sekarang kita pakai ilmu matematika kita untuk menghitung hidup ini. Kita misalkan waktu kita selama sehari (24 jam) kita bagi menjadi tiga bagian yang masing-masing 8 jam. 8 jam yang pertama kita gunakan untuk sekolah/kuliah/bekerja. 8 jam yang kedua kita gunakan untuk istirahat/tidur. Dan 8 jam yang terakhir kita gunakan untuk hal lain-lain, seperti sholat, belajar, bermain, dsb. Sekarang kita fokuskan hitungan kita untuk masalah ibadah. Rata-rata setiap kali kita sholat lamanya adalah + 5 menit. Berati selama sehari waktu yang kita butuhkan untuk melaksanakan sholat lima waktu adalah 25 menit, kita bulatkan saja menjadi selama 1 jam karena mungkin ditambah dengan hal-hal lain seperti wirid, berdo’a dsb. Lama sholat kita selama setahun berarti 365 jam mengingat tiap harinya lama waktu sholat lima waktu  kita secara keseluruh adalah 1 jam.
Sekarang kita andaikan lagi, missal umur manusia Indonesia pada umumnya hanya mencapai 60 tahun. Dari umur ini masing-masing kita bagi tiga dan hasilnya adalah 20 tahun. Tetap focus pada penghitungan waktu ibadah kita kepada Allah. Tadi selama setahun waktu yang kita butuhkan untuk beribadah adalah 365 jam. Sehingga untuk masa 20 tahun waktu yang kita habiskan untuk beribadah adalah 365x20 = 7300 jam, kita kinfersikan lagi menjadi hari 7300/24 = + 304 hari = + 10 bulan. Bayangkan selama 60 tahun waktu kita yang diberikan oleh Allah dengan segala nikmatnya, yang Allah minta hanya 10 bulan saja. Melihat hal ini apakah pantas kita meminta diakhirat kelak dimasukan kesurga-Nya ??  jika tidak ada kasih sayang Allah mungkin kelak seluruh umat manusia akan dimasukan kedalam neraka. Oleh karena itu marilah mulai sekarang kita gunakan waktu kita sebaik mungkin agar tidak kita gunakan dengan percuma. Dan pastinya dalam rangka mewujudkan syukur kita atas nikmat Alllah SWT yang telah diberikan.

0 komentar:

Posting Komentar